Membuat Es Krim Spesial Super Lembut

Es krim itu siapa sih yang gak suka, dari anak” sampai tua renta pun suka lah yg namanya es krim, iya kan? Sama lah dg keluarga kecilku ada aku, suami sama krucil. suka banget sama es krim. Biasanya tuh setiap keluar rumah selalu beli es krim yg merek terkenal itu, haduh. lama”kok pusing ya? Mahal. mikir deh.. harus bikin sendiri deh kayaknya supaya lebih irit,  aku keliling cookpad dulu nyari resep es krim yg cocok, nemu lah resepnya bunda Diana Gazaly. es krim nya lembut. cocok banget dan rasanya juga bisa dikreasikan sendiri sesuai selera .

Bahan-bahan

  • 2 bks susu bubuk dancow putih
  • 3 sdm tepung tapioka
  • 1 gelas belimbing air hangat
  • 1 1/2 gelas belimbing air biasa
  • 12 sdm peres gula pasir
  • 1 sdt sp (aku pakek sponge 28)
  • Bahan perasa :
  • Pop ice
  • skm
  • Pasta dll

 

Siapkan bahan-bahannya.

 

Larutkan susu bubuk dg air hangat, aduk rata pakai garpu/ whisk hingga susu larut. Dalam wadah lain larutkan tepung tapioka dg air biasa dg garpu/ whisk hingga tepung larut.

 

Lalu masukkan larutan tepung tadi kedalam wadah yg berisi larutan susu bubuk, aduk rata. tambahkan gula pasir aduk rata.

 

Masak dg api sedang hingga mengental seperti vla atau sampai meletup-meletup saja. jangan kelamaan nanti bisa gosong bawahnya, sampai meletup sedikit juga gak apa-apa. lalu matikan apinya.

 

Lalu pindahkan kewadah, tunggu dingin. lalu masukkan kedalam freezer hingga beku kurleb 2 – 3 jam.

 

Sambil menunggu, siapkan sp nya. Tim sp hingga meleleh seperti pada gambar, jika membeku kembali tidak masalah yg penting sp nya sudah di tim / masak.

 

Setelah beku seperti puding nantinya, keluarkan lalu hancurkan menggunakan garpu, ditusuk”digaruk” dibelah”.

 

Pindahkan kewadah yg lebih besar, lalu tambahkan sp tadi, mixer kecepatan tinggi kurleb 20 menit hingga mengembang 2-3x lipat, hingga lembut. jadinya banyak kalau mixernya lama, jika kurang dari 20 menit tidak masalah tapi hasilnya juga sedikit.

 

Lalu bagi menjadi berapa bagian sesuai selera, tadi aku cuma bagi 4, dan aku kasih rasa strawberry, coklat, avocad dan durian. Setelah dikasih perasa mau pop ice dll mixer lagi kecepatan rendah hingga rata (sebentar saja hanya untuk mencampurkan).

 

Masukkan kedalam freezer lalu tunggu hingga membeku.

Cuaca panas jadi pas deh. Langsung lumer dimulut. 🙂

selamat menikmati kesegarannya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.