Membersihkan Keyboard Komputer Gaming

Keyboard gaming yang sering kamu gunakan untuk bermain pasti tidak lepas dari ancaman debu dan kotoran. Untuk memastikan keyboard tetap nyaman dan andal saat dipakai, kamu mesti rajin membersihkannya.

Karakter keyboard gaming tentu saja berbeda dengan keyboard biasa. Terutama untuk keyboard mekanikal. Ada banyak yang harus kamu perhatikan saat akan membersihkan keyboard gaming kamu. Jangan sampai melakukan kesalahan karena bakal merusak keyboard kamu.

Berikut langkah yang bisa kamu lakukan untuk membersihkan keyboard gaming kamu.

1. Cabut USB Keyboard dari Komputer

Sebelum membersihkan keyboard, pastikan seluruh perangkat kamu seperti PC desktop dan keyboard tersebut sudah dimatikan. Setelah itu tunggu beberapa saat agar panas dari mesin tersebut sudah turun.

Setelah itu, pastikan kamu selalu mencabut dahulu colokan USB keyboard dari komputer, meskipun komputer kamu sudah mati. Bahkan, untuk komputer yang sedang menyala, banyak kasus terjadi konsleting pada keyboard karena membersihkan keyboard dengan keadaan tersambung pada komputer yang masih menyala.

Setelah mencabut USB dari komputer, kamu bisa memindahkan keyboard ke tempat yang lebih aman. Agar lebih nyaman membersihkannya, kamu bisa mencari meja yang permukaannya datar. Letakkan keyboard di atas meja tersebut.

2. Lepas Keycap Tombol Keyboard

Yang harus dilakukan sebelum membersihkan keyboard adalah melepas semua keycap keyboard mekanikal kamu. Gunakan cap puller untuk melepasnya. Atau jika sudah terbiasa, kamu bisa menggunakan jari. Hati-hati dalam melepasnya agar stem tidak patah atau menjadi longgar.

Selanjutnya, bersihkan partikel besar terlebih dahulu. Caranya adalah dengan membalikkan keyboard dan mengetok-ketok secara perlahan agar partikel berat yang terselip di dalam sela-sela switch.

3. Bersihkan Noda atau Flek pada Keycap

Sering kali kamu menemukan keycap berubah warna jadi coklat karena kotoran yang menempel kuat di atasnya. Agar bisa kinclong lagi, kamu bisa menggunakan cairan soda untuk membersihkannya.

Caranya adalah dengan mencopot semua keycap dan merendamnya dalam cairan soda selama sekitar 30 menit. Setelahnya, lap dan keringkan keycap hingga benar-benar kering. Setelah dirasa bersih dan kering, pasang kembali keycap pada switch. Hindari cairan masuk dalam keyboard agar tak terjadi konsleting.

4. Menggunakan Bahan Halus atau Tipis

Kamu bisa menggunakan bahan yang ringan untuk membersihkan keyboard, misalnya dengan kuas, tissue atau lap. Caranya mudah, bersihkan keyboard dengan kuas secara perlahan dan jangan ada yang tertumpuk agar keyboard kamu bersih secara maksimal.

Setelah dirasa telah steril basahilah tisu dengan air hangat janganlah sampai air menggenang didalam tisu atau hanya sedikit pasah Usapkan untuk sektor semua keyboard agar serbuk yang masih menempel sanggup tersapu oleh air tersebut. Setelah itu, bersihkan tambah keyboard tadi bersama tissue kering.

Apabila kamu miliki anggaran lebih silakan berbelanja vacuum cleaner USB untuk membersihkan keyboard.

5. Memberi Pelindung pada Keyboard

Lebih baik membeli pelindung keyboard untuk meminimalisasi masuknya abu ke sela-sela keyboard. Jika kamu tahu trik membebaskan tuts keyboard lebih baik abolisi saja supaya pembersihannya lebih maksimal dan lebih bersih tentunya.

Selain langkah di atas, kamu juga harus rajin membersihkan keyboard kamu secara rutin minimal sekali dalam seminggu. Proses pembersihan keyboard pun hanya sebentar yakni sekitar sepuluh menit saja.

Jika tidak dibersihkan secara rutin, maka fungsi keyboard kamu akan menurun. Hal itu tentu saja dapat mengurangi kenyamanan kamu dalam bermain game.

Itulah cara membersihkan keyboard untuk netbook atau komputer kamu, sangat mudah bukan?

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.